-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Beberapa Perwakilan Media Online Berpetualang ke Suku Baduy

Tuesday, October 22, 2024, 12:01:00 PM WIB Last Updated 2024-10-22T05:01:36Z
AESENNEWS.COM, LEBAK BANTEN- Baduy adalah sebutan untuk sekelompok masyarakat adat Sunda yang tinggal di pedalaman Provinsi Banten. Suku Baduy ini dikenal keteguhan mereka dalam menjaga tradisi leluhur dan menolak modernisasi, menjadikan mereka salah satu suku paling unik di Indonesia.

Baduy terbagi menjadi dua kelompok utama, yakni Baduy Dalam yang masih sangat tradisional dan tertutup. Lalu, Baduy Luar yang sudah lebih terbuka terhadap interaksi dengan dunia luar.

Oleh karena itu, tim dari beberapa media online pada hari Minggu menyambangi dan silaturahmi ke Suku Baduy yang bermukim di wilayah Pegunungan Kendeng, tepatnya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Untuk mengenal lebih jelas adat istiadat dan keramah tamahan dari suku Baduy ini. Senin, 21/10/2024.

Tim media online yang berkunjung ke Suku Baduy dipandu oleh Cakra Kabiro Bogor dari lintasupdate.co.id yang sering menginap di Suku Baduy luar atupun dalam. Walupun perjalanan dari perkampungan ke suku Baduy dalam kisaran 4 jam lebih, Tim dari media online tetap semangat.

"Perjalan kita sekitar 4 jam melewati jalan setapak pegunungan dan hutan larangan untuk sampai di suku Baduy dalam. Begini suasana Baduy yang sebenarnya, nanti kita menginap di saung kolot Baduy," papar Cakra saat berjalan ke Suku Baduy dalam.

Kebahagiaan juga dikatakan Muhtadin, pimpinan redaksi dari Baratanews.co.id yang ikut dan baru pertama kali ke Suku Baduy dalam.

"Suasana tidak adanya listrik atau modernisasi membuat kita dapat mengingat pada jaman dahulu. Pada masa-masa kita kecil dikala belum ada listrik dan indahnya menikmati bulan purnama seperti kita menginap di suku Baduy seperti ini," kara Muhtadin.

Keramah tamahan Suku Baduy sangatlah terlihat, dalam menerima kunjungan dari tim media online. Mulai dari menawarkan makanan, minuman dan memberikan penginapan di saung sesepuh Suku Baduy dan tak lupa sesepuh dari Suku Baduy memberikan wejangan-wejangan kepada tim media online.

Walau dalam perjalanan sangat melelahkan, namun akan terbayarkan melihat suasana pesona alam pegunungan yang di kelilingi pohon-pohon besar dan keramahan suku Baduy.

Reporter :Dedi B
Komentar

Tampilkan

  • Beberapa Perwakilan Media Online Berpetualang ke Suku Baduy
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x