-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Sekolah SMKS 17 Mengalami Penurunan Jumlah Siswa/i Secara Drastis

AESENNEWS.COM
Friday, September 20, 2024, 6:25:00 AM WIB Last Updated 2024-09-19T23:25:23Z
AESENNEWS.COM, Lampung - Eksistensi Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) 17 sudah lama jika dihitung dari sejak berdirinya pada tahun 1996 hingga sekarang. Usia 28 tahun untuk sekolah ini yang beralamat di Jln. Kapulogo No. 83 Sukoharjo 3 Kec. Sukoharjo Kab. Pringsewu 35674 ternyata tidak menjamin untuk adanya peningkatan jumlah siswa/i secara signifikan. "Adapun puncak pertambahan jumlah siswa/i di SMKS 17 ini terjadi pada tahun 2015. Tetapi kemudian pada tahun-tahun berikutnya mengalami penurunan secara drastis. Bahkan pada PPDB tahun 2023/2024 untuk kelas X hanya mencapai 13 siswa/i saja, "kata Safaruddin (70) Rabu (18/09/2024).
     
Ketua komite sekolah ini mengungkapkan bahwa paling tidak, ada tiga faktor penyebabnya sehingga terjadi demikian, yaitu: pertama, letak geografis sekolah ini yang tersembunyi cukup jauh dari jalan raya; kedua, sekarang ada beberapa sekolah menengah atas swasta dan kejuruan swasta yang sudah dibangun; dan ketiga ini yang paling menentukan adalah SMK Negeri sudah dibangun oleh pemerintah. "Dahulu karena belum ada saingan ya pada tahun 1996-2015 itulah para orang tua berantusias untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sini. Tetapi sekarang mereka berlomba untuk menyekolahkan anak-anak mereka di SMA dan SMK Negeri, "akunya dengan penuh prihatin.
     
Kemudian menurut orang yang sudah menjabat ketua komite selama hampir 2 tahun ini mengutarakan bahwa sudah banyak ide atau saran dari padanya kepada kepala sekolah dan staf guru SMKS 17 dalam rangka mengatasi keadaan ini. Tetapi tidak mendapat respons positif. "Saya terinspirasi oleh masukan dari kepala dinas pendidikan Pringsewu untuk menggali keunggulan-keunggulan sekolah ini. Maka dari itu, salah satunya di saat rapat saya mengajukan ide untuk adanya pelajaran kaligrafi. 

Tetapi ada beberapa guru yang menolaknya mengingat siswa/i SMKS 17 tidak semuanya beragama Islam" Berikut ditambahkannya, "Sebenarnya prestasi sekolah ini, apakah itu di bidang akademik ataukah non-akdemik tidaklah kalah dengan sekolah-sekolah lainnya, salah satu contohnya adalah SMKS 17 meraih juara II Lomba Lari Marathon pada HUT Kemerdekaan RI ke-79. Tetapi herannya tidak juga dapat membangkitkan animo para orang tua dan anak-anak mereka untuk bersekolah di sini, "pungkasnya kepada awak media Aesennews.com.
Komentar

Tampilkan

  • Sekolah SMKS 17 Mengalami Penurunan Jumlah Siswa/i Secara Drastis
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x