-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Permasalahan Sampah di Gintung, KADIS DLHK Lakukan Pembinaan dan Sudah Bersurat ke Direktorat Jendral Pengolahan Sampah

Monday, September 30, 2024, 11:54:00 PM WIB Last Updated 2024-09-30T16:54:20Z
AESENNEWS.COM ,Kabupaten Tangerang - Terkait permasalahan sampah ilegal yang berada di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Banten, yang sebelumnya di demo oleh masyarakat sekitar karena dampak lingkungan yang di hasilkan.

Fachrul Rozi, KADIS DLHK Kabupaten Tangerang angkat bicara, bahwasannya Terkait lokasi pembuangan sampah ilegal yang ada di Desa Gintung tersebut tidak ada MOU (memorandum of understanding) dengan PEMDA Kabupaten Tangerang. Senin, 30/09/2024.

Karena berdasarkan Undang-undang No.18 Tahun 2008, dijelaskan pada pasal 17 ayat 1 yang berbunyi " Setiap orang yang melakukan kegiatan usaha pengelolaan sampah  wajib memiliki izin dari kepala Daerah sesuai dengan kewenangan nya. " Dan hal tersebut belum dilakukan oleh pengelola atau pemilik lahan pembuangan sampah ilegal tersebut.

"Sebelum permasalahan sampah ilegal yang ada di Gintung menjadi viral saat ini, kami sudah melakukan pembinaan ke lokasi tersebut bahkan hingga kami memasang plang Terkait larangan buang sampah di lokasi ilegal tersebut yang ada di Desa Gintung walaupun hingga saat ini papan plang larangan yang ada di sana saat ini hilang," Ucap Kadis DLHK Kabupaten Tangerang. 

DLHK sudah melakukan pembinaan, agar dapat menindaklanjuti lagi, DLHK juga sudah bersurat kepada Direktorat Jendral pengolahan sampah dan B3 kementerian Lingkungan Hidup pada tanggal 08 Agustus 2024 agar dapat di lakukan penindakan sesuai kewenangannya.

"Kami pun juga sudah melayangkan surat kepada Direktorat jenderal Penegakan Hukum (Gakum) pada tanggal 20 September 2024 agar permasalahan sampah ilegal di sana dapat di tindak tegas. Karena kembali lagi Terkait batas kewenangan kami, hanya batas pembinaan. Terkait penindakan dan penegakkan hukum kewenangannya ada di kementerian lingkungan hidup," bebernya.

Pemerintah Kabupaten Tangerang pun tidak tinggal diam saja, bahkan rencananya hari ini Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui bapak Sekretaris Daerah (Sekda) akan melayangkan surat keberatan ke pemerintah Kota Tangerang Selatan.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melayangkan surat Nota keberatan Kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan atas sampah-sampah yang ada di lokasi pembuangan sampah ilegal di desa Gintung yang menurut sumber informasi berasal dari Wilayah Tangerang Selatan," jelasnya.

Reporter : Dedi B
Komentar

Tampilkan

  • Permasalahan Sampah di Gintung, KADIS DLHK Lakukan Pembinaan dan Sudah Bersurat ke Direktorat Jendral Pengolahan Sampah
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x