-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Mahasiswa BBK 4 Unair Dukung Program SOTH Gagasan BKKBN

Sunday, July 28, 2024, 8:20:00 PM WIB Last Updated 2024-07-30T09:19:53Z

 


Surabaya - Mahasiswa BBK (Belajar Bersama Komunitas) 4 dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam mengimplementasikan Program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH). Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada orang tua dalam mendidik anak-anak mereka, sehingga dapat menciptakan generasi yang lebih baik dan berdaya saing tinggi. Para mahasiswa aktif terlibat dalam pelatihan dan pendampingan bagi para peserta program, yakni orang tua yang memiliki anak usia balita.

"KKN Program SOTH diharapkan dapat menjadi contoh sukses kerja sama antara akademisi dan pemerintah dalam memperkuat peran orang tua dalam pendidikan anak. Melalui antusiasme dan dukungan yang kuat dari semua pihak," ujar Kresna Murti, salah  satu mahasiswa Unair, pada Minggu (28/7).

Ia menjelaskan bahwa Program SOTH ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali dengan total pertemuan dalam 1 periode sebanyak tujuh kali dan masing-masing RW yang ada di Kelurahan Simomulyo memiliki jadwal pelaksanaan yang berbeda hari.

"SOTH Tunas Harapan dilaksanakan pada setiap hari sabtu, SOTH Keluarga Balita dilaksanakan setiap hari kamis, dan SOTH Gold Six dilaksanakan setiap hari rabu. Nantinya pada pertemuan ke tujuh, para orang tua yang sudah mengikuti program SOTH akan diwisuda dan mendapatkan piagam kelulusan," imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa SOTH merupakan program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan orang tua dalam pengasuhan anak. "Kami optimis bahwa program ini akan membawa dampak positif yang signifikan untuk masyarakat secara umum," ujarnya.

Selanjutnya, dr. Amalia Dwi Ariska yang merupakan Ketua PKK Kelurahan Simomulyo mengatakan bahwa program SOTH ini diharapkan dapat menginspirasi kota-kota lain di Indonesia untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. "Semoga semua kegiatan yang diadakan KKN Unair ini membawa dampak positif bagi masyarakat," pungkasnya. 

Mahasiswa BBK 4 Universitas Airlangga beranggotakan Yuniar Putri Wardani, Kresna Murti, Chofifah Ayu Kusumaningtyas, Yesinda Bilqis Pranasari, Agustin Nurmalasari, Reihana Mauhibah, Fahrudin Fahri, Muhammad Reza Gizaldi, Josephine Aditia Mahadewi B. S, dan Dewi Sintawati Try Sutrisno.
 

Komentar

Tampilkan

  • Mahasiswa BBK 4 Unair Dukung Program SOTH Gagasan BKKBN
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x