-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Gandeng Kelompok Tani Surabaya, Mahasiswa BBK 4 Unair Usung Pengembangan Hidroponik

Sunday, July 28, 2024, 9:57:00 PM WIB Last Updated 2024-07-30T09:19:32Z

 


Surabaya - Mahasiswa Belajar Bersama Komunitas (BBK) 4 Universitas Airlangga bekerja sama dengan perwakilan Kelompok Tani Hidroponik Surabaya, Yabes Sihwantjono untuk mengembangkan usaha hidroponik sebagai bagian dari supply chain sektor industry hospitality di kota Surabaya, tepatnya di Asuhan Mandiri Sri Rejeki, RW 02, Kelurahan Simomulyo.

"Kerja sama ini bertujuan untuk memperkenalkan metode pertanian hidroponik yang efisien dan berkelanjutan sebagai solusi penyediaan bahan pangan berkualitas bagi hotel, restoran, dan kafe di Kota Surabaya. Dalam program ini, para mahasiswa turut membantu secara teknis petani hidroponik untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen," kata Kresna Murti, salah satu mahasiswa Unair, pada Minggu (28/7).

Ia memaparkan bahwa para mahasiswa bersama petani hidroponik  menanam jenis tanaman kangkung, selada air, terong, dan bayam brazil. Mahasiswa Universitas Airlangga ikut serta dalam tiap tahapan penanaman hidroponik mulai dari penyemaian bibit, pemindahan media tanam ke netpot, hingga proses panen tanaman.
"Inisiatif ini disambut baik oleh petani hidroponik, termasuk para pelaku industry hospitality yang menyadari pentingnya sumber bahan pangan yang segar dan sehat," ujarnya.

Selain itu, ia berharap kerja sama ini dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya usaha hidroponik serta nilai jual hasil panen tanaman organik dari hidroponik melalui akses pasar yang lebih luas dan stabil. "Juga dapat mendorong pertumbuhan sektor pertanian hidroponik dan menciptakan sinergi yang kuat antara petani lokal dan industry hospitality di Surabaya," imbuhnya.

"Semoga program ini juga dapat menginspirasi kota-kota lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam mengintegrasikan teknologi pertanian modern dengan kebutuhan industri lokal. Melalui kolaborasi yang berkelanjutan, Surabaya diharapkan dapat menjadi pionir dalam praktik pertanian berkelanjutan yang mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," harapnya.

Selain itu, Yabes Sihwantjono Ketua Kelompok Tani Hidroponik Surabaya memberikan apresiasi dukungan tanam sistem hidroponik dari mahasiswa KKN Unair. "Memang hidroponik itu indah dipandang, enak dimulut, sehat di badan, kantong terisi," tandasnya.

Mahasiswa BBK 4 Universitas Airlangga beranggotakan Yuniar Putri Wardani, Kresna Murti, Chofifah Ayu Kusumaningtyas, Yesinda Bilqis Pranasari, Agustin Nurmalasari, Reihana Mauhibah, Fahrudin Fahri, Muhammad Reza Gizaldi, Josephine Aditia Mahadewi B. S, dan Dewi Sintawati Try Sutrisno.

Komentar

Tampilkan

  • Gandeng Kelompok Tani Surabaya, Mahasiswa BBK 4 Unair Usung Pengembangan Hidroponik
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x