-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Dapatkah anggota arisan melaporkan Reza untuk diminta pertanggung jawabannya dan bagaimana peran hukum perdata dalam kasus ini ?

AESENNEWS.COM
Tuesday, April 9, 2024, 1:55:00 PM WIB Last Updated 2024-09-03T03:02:34Z

AESENENWS.COM - Segala bentuk Tindakan yang melawan hukum maka akan ada konsekuensi yang harus diterima oleh orang yang melanggar aturan hukum tersebut, baik dalam konteks hukum pidana maupun hukum perdata. Dalam hal ini Reza yang seorang anak muda masih dibawah umur kedapatan melarikan atau menggelapkan uang senilai Rp. 25 Juta Rupiah atas arisan online yang dijalani bersama dengan anggotanya.

Dalam kasus ini anggota arisan yang tergabung dalam arisan online tersebut berhak untuk melaporkan penggelapan dana yang lakukan oleh reza, serta anggota arisan online tersebut juga berhak mendapatkan pertanggungjawaban dari Reza.

Acuan utama yang menjadi tolok ukur bagi anggota arisan tersebut untuk dapat melaporkan Tindakan penggelapan dana arisan mengacu pada Pasal 1 Ayat 3 UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan Pasal 71 UU No 11 Tahun 2012 tentang sanksi pidana bagi anak dibawah umur. Pada pasal 81 ayat 2 dan 6 dijelaskan bahwa ancaman pidana bagi anak dibawah umur dapat dijatuhkan paling lama setengah dari sanksi pidana kepada orang dewasa.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang system peradilan pidana anak mengatur bahwa anak dibawah umur atau dibawah 18 tahun dapat dipidana dengan memperhatikan beberapa hal yang menjadi  acuannya salah satunya adalah menerapkan rehabilitasi agar anak dikemudian hari tidak dapat melakukan hal yang sama.

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) pasal 372 secara gamblang menjelaskan bahwa “Barang siapa dengan sengaja memiliki dengan melawan hak sesuatu barang yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang lain dan barang itu ada dalam tangannya bukan karena kejahatan, dihukum karena penggelapan, dengan hukuman penjara selama-lamanya 4 (empat) tahun”.

Pasal 372 KUHP memang tidak secara spesifik menjelaskan untuk anak-anak dibawah umur, namun pasal-pasal tersebut juga dapat berlaku bagi mereka, untuk berlakunya pasal ini maka harus disandingkand engan UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang system peradilan anak yang mana pada beberapa pasal menjelaskan setengah hukuman dari orang dewasa. Kendati demikian dalam pasal 372 pidana bagi orang dewasa yang umurnya diatas 18 tahun melakukan tidankan pencucian uang dengan pidana 4 tahun maka untuk anak dibawah 18 tahun dapat dikenakan sanksi pidana selama 2 tahun saja.

 

Bagaimana peran hukum perdata dalam kasus ini ?

Peran utama hukum perdata dalam kasus ini adalah untuk memberikan solusi atau kepastian hukum baik untuk korban atau pelaku kejahatan penggelapan dana arisan tersebut. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa pada dasarnya setiap orang yang melakukan Tindakan kriminal yang melawan hukum maka akan ada konsekuensinya. Peran hukum perdata dalam memberikan kepastian hukum diantaranya:

a.       Peran sebagai dasar pembuktian : KUHPerdata dalam kasus penggelapan dana seperti diatas dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuktikan kepemilikan atau klaim atas uang yang digelapkan. Misalnya menggunakan kententuan mengenai bukti-bukti yang sah yang diatur dalam KUHPerdata.

b.       Gugatan Perdata : KUHPerdata juga bisa menjadi landasan utama untuk menegakan hak-hak keperdataan bagi korban penggelapan dana, misalnya dengan mempergunakan ketentuan hak-hak yang menjadi korban penggelapan dana untuk mengambil Langkah hukum untuk dapat pengakuan dan perlindungan hak-haknya.

Kesimpulan :

Reza seorang anak dibawah umur yang melakukan tidakan penggelapan dana arisan online dapat dipidana dengan memperhatikan UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang system peradilan anak dibawah umur, serta dasar hukum lain yakni Pasal 372 KUHP,  hal ini juga menjadi acuan utama untuk para anggota bisa memperoleh keadilan atas persitiwa tersebut.

KUHPerdata memang tidak secara langsung mengatur tentang penggelapan uang sebagai tindak pidana, namun perannya dalam menegakan hak-hak eprdata bagi korban penggelapan dana sangatlah penting untuk dapat memperoleh keadilan dan pemulihan hak atas kerugian yang terjadi. Jadi dengan demikian dapatkan Anggota melaporkan kasus ini kepada pihak berwajib karena Reza dibawha 18 Tahun? Maka jawabannya bisa dengan memperhatikan pasal-pasal peraturan yang mengatur tentang system peradilan anak dan KUHP.

 

Sumber Referensi :

1.       https://kumparan.com/berita-terkini/isi-pasal-372-kuhp-tentang-penggelapan-penipuan-dan-contoh-kasusnya-1xbHjhs5Rnt#:~:text=Pasal%20372%20KUHP%20tersebut%20berbunyi,4%20(empat)%20tahun.%E2%80%9D

2.       https://www.hukumonline.com/klinik/a/bunyi-jerat-pasal-penggelapan-dengan-pemberatan-lt4e9f694721b03/

3.       https://indonesiabaik.id/videografis/apa-hukum-pidana-anak-di-bawah-umur

 

 

Komentar

Tampilkan

  • Dapatkah anggota arisan melaporkan Reza untuk diminta pertanggung jawabannya dan bagaimana peran hukum perdata dalam kasus ini ?
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x