-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Festival UMKM Kedopok, Tampilkan Kreasi Kuliner dan Kesenian Masyarakat

Thursday, August 10, 2023, 10:13:00 AM WIB Last Updated 2023-08-10T03:13:42Z
AESENNEWS Probolinggo - Senin (7/8) pagi, puluhan ibu-ibu kader PKK dan karang taruna kelurahan sibuk menyiapkan berbagai sajian makanan di masing-masing stan. Di antaranya menghias kue tradisional, menumis bumbu dan juga menata aneka hidangan. Ya, mereka semua berkumpul untuk mengikuti Festival Lomba UMKM yang digelar oleh Kecamatan Kedopok di halaman kantor setempat. Ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni lomba kudapan berbahan lokal non beras - non terigu, lomba memasak nasi goreng dan lomba menghias tumpeng.

Selain lomba bidang kuliner, agenda yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78 itu juga menampilkan Festival Kesenian Hadrah Al Banjari tingkat Kecamatan Kedopok. Juga fashion show batik Cumang dari Prasaja Mulya Kelurahan Kareng Lor. Ada lagi, fashion show dari Forum Anak Kelurahan Jrebeng Wetan dengan kreasi busana daur ulang Bank Sampah Kenari Indah, serta penampilan musik dari murid SLB Sinar Harapan 1.
Melihat beragamnya kreativitas perlombaan yang disajikan, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin yang hadir di acara memberikan pujian kepada para peserta atas kekompakan dalam mengikuti festival lomba UMKM ini. “Kegiatan ini sangat luar biasa tadi saya datang kesini jam 9, mengikuti dari   kita lihat ya luar biasa. Kita lihat kekompakan dari lomba-lomba yang ada, bagi yang sudah juara terus tingkatkan, yang masih belum terus berusaha,” terang Habib Hadi yang saat itu didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi. 

Selaras dengan semangat lomba-lomba kuliner yang ditampilkan di Kecamatan Kedopok, ke depan Wali Kota Habib Hadi memiliki rencana untuk membuat pusat kuliner baru yang sekaligus memiliki daya tarik wisata. Hal tersebut untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah. “Rencana ke depannya supaya ada nilai ekonomi, contohnya misalkan sudah kita mulai di tempat-tempat RTH (Ruang Terbuka Hijau) kita kasih spot-spot kuliner di situ. Kayak contoh RTH Kedopok ini, itu kalau dikembangkan dengan konsep-konsep wisata, ikonik lainnya dan kuliner, akan hidup,“ jelas Habib yang juga menyampaikan rencana pembangunan jalan tembus Gladak Serang untuk sarana olahraga dan food court itu.

Sementara itu, Camat Kedopok Imam Cahyadi mengatakan gelaran festival merupakan sarana bagi pemerintah untuk mempromosikan UMKM binaan sekaligus menumbuh kembangkan kreatifitas anak-anak di lingkungan Kecamatan Kedopok. “Menjadi ajang kreatifitas bagi anak-anak. Tadi dari forum anak yang ada di wilayah Jrebeng Wetan sebagai (wadah) tumbuh kembang anak kedepan lebih baik lagi,” terang Camat Imam dalam sambutannya.

Tidak hanya hadir untuk memberikan arahan, di Kecamatan Kedopok Habib Hadi juga ditantang untuk unjuk kebolehan. Kali ini, wali kota dengan istri diminta untuk memasak nasi goreng. Tidak hanya berdua, kompetisi memasak nasi goreng ini juga diikuti oleh Camat Kedopok serta jajaran lurah di Kecamatan Kedopok didampingi istri masing-masing. Dengan lihai, wali kota membolak-balik nasi goreng di atas wajan yang sudah diberi bumbu oleh Aminah Hadi itu. Setelah matang, nasi goreng dihias dan dibagikan secara gratis kepada warga yang datang di festival.

Masih dari Festival Lomba UMKM, salah satu juri dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia Nurin sangat mengapresiasi hasil kreatifitas para peserta lomba kudapan dan lomba menghias tumpeng. Menurut chef yang memiliki keahlian di bidang garnish ini, keterampilan para peserta perlu terus didukung untuk ikut ke kompetisi yang lebih tinggi.“Ini dari kader-kader di kelurahan, ada ajang seperti ini kan pastinya, lebih kreatif, lebih inovatif. Nanti pasti ditemukan sesuatu yang baru, apa sih yang ada di kelurahan, mungkin nanti bisa dimunculkan di kecamatan, mungkin untuk ke provinsi atau nasional,” terang Nurin yang hadir menjuri bersama dengan anggota TP PKK dan perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo itu.

Adapun beberapa sajian kuliner kudapan yang ditampilkan oleh peserta dari kader-kader di kelurahan antara lain steak mbote kelor saos mangga nanas, kroket tempe tebalan, dawet mangga, roll tart mangga, kroket singkong tuna, lapis legit singkong, es selasih galaxy, blendung jagung, sawut singkong, asinan buah anggur, puding anggur susu keju, jus anggur jelly serut dan masih banyak lagi.
(Bay*****)
Komentar

Tampilkan

  • Festival UMKM Kedopok, Tampilkan Kreasi Kuliner dan Kesenian Masyarakat
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x