-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Begitu Angan-angan Meledak, SPRI Jateng Gelar Pelatihan Dasar Video Aplikasi Kine Master dan Mobile Jurnalistik

AESENNEWSJAWATENGAH
Sunday, August 27, 2023, 11:19:00 AM WIB Last Updated 2023-08-27T04:19:07Z
AESENNEWS.COM - SEMARANG, Dewan Pimpinana Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD -SPRI) Provinsi Jawa Tengah menggelar Pelatihan Dasar Video Aplikasi Kine Master dan Mobile Jurnalistik yang berlangsung di Gedung Monod Diephuis jalan Kepodang no 11 Semarang, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan PT Trankonmasi yang diikuti sejumlah 40 insan pers dari berbagai media baik cetak,tv channel maupun online.

Ketua DPD SPRI Jateng, Sriyanto Ahmad, S.Pd.MH.C Med menuturkan,' para jurnalis sebagai pilar ke empat harus dibekali dengan beberapa kompeten, diantaranya knowledge (pengetahuan), menguasai ilmu jurnalistik serta memahami kode etik  jurnalistik," ucapnya.

Selain itu skill atau keahlian juga harus dikuasai bagaimana melakukan jejaring loby, penerapan android dalam menyajikan karya jurnalistiknya. Selanjutnya seorang jurnalis harus memiliki etitude, sikap serta dedikasi tinggi tanpa pamrih demi mengabdi kepada bangsa dan negara," ujar Sriyanto

Menurutnya UU Pers salah satunya pasal 6 menginginkan agar masyarakat tahu. Dengan adanya pers  masyarakat akan tahu, apalagi sekarang memasuki era digital media sudah merambah ke online, berita yang tersaji lebih cepat cukup memakai android jangkaunya lebih luas.

 Sementara salah satu pemateri pelatihan, M.Taufiq mengatakan tujuan diadakannya pelatihan dasar video dan mobile jurnalistik berbasis android agar teman teman wartawan khususnya online melek teknologi diera digitalisasi saat ini.

Kedepannya dapat membuat karya jurnalistik dalam bentuk video jurnalistik yang tersaji dalam channel youtube," ucapnya

Tentunya dapat mengkolaborasi dari karya jurnalistik pada berita online dapat dijadikan narasi untuk menjadi sebuah karya video dengan aplikasi kine master ataupun aplikasi lain sehingga akan menghasilkan karya jurnalistik yang ada unsur 5 W + 1 H,".ujar Taufiq.

Di sisi lain Hadi Purwono salah seorang peserta Pelatihan yang juga tergabung di media AESENNEWS.COM di tunjuk untuk maju membagikan pengalamannya mengatakan,'Saat saya membuat berita untuk channel youtube, saya pakai narasi, menyiarkan melalui suara sendiri, bukan suara google. Menurut saya ini akan lebih di nilai pihak youtube serta para penonton tv channel,sangat bagus dan rekomended terkait monetisasi,'jelasnya sambil semangat.27-08-2023(Endang-Almaning)
Komentar

Tampilkan

  • Begitu Angan-angan Meledak, SPRI Jateng Gelar Pelatihan Dasar Video Aplikasi Kine Master dan Mobile Jurnalistik
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x