-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

AM Juma’i Ketua FKSB Minta Pemerintah Kota Semarang Lebih Peduli Terhadap Ormas

AESENNEWSJAWATENGAH
Saturday, August 19, 2023, 9:47:00 AM WIB Last Updated 2023-08-19T02:47:22Z
AESENNEWS.COM - SEMARANG -  
Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) Kota Semarang mengelar rapat koordinasi pengurus membahas rencana dua agenda kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Parade sejuta Puisi Untuk kota semarang dan FGD Penguatan kapasitas Ormas yang berlangsung di aula Kantor Kelurahan Tlogosari Kulon, Kota Semarang, Jumat (18/8/2023)

Rapat dihadiri Pengurus harian beserta beberapa ketua bidang
serta perwakilan Satuan Khusus  Bidang Humas dan Informasi Publik.

Ketua FKSB Kota Semarang, Dr AM Juma’i, SE.MM mengatakan ada dua agenda kegiatan yang pertama Parade Sejuta Puisi untuk Kota Semarang yang rencananya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023 bertepatan Hari Sumpah Pemuda dan untuk rencana Bulan Bahasa bertempat di Gedung Taman Budaya jalan Sriwijaya no 29 Semarang,” tuturnya.

Berikutnya acara Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kapasitas Ormas yang rencananya akan digelar di Kantor BPJS Tenaga Kerja di Aula lantai 3 jalan Pemuda Semarang pada sabtu 16 September 2023, untuk FGD ini semua difasilitasi pihak BPJS Tenaga Kerja,” Ucap Juma'i.

Hasil rapat disepakati untuk Ketua Panitia FGD Penguatan Kapasitas Ormas, Mas Teguh, dan sebagai Ketua Panitia Parade Sejuta Puisi saudara Slamet Widodo, S.Pd. Ini semua perwakilan pengurus sudah sepakat dalam menentukan Ketua Panitia untuk dua kegiatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Jumai menyinggung tentang terkait Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 yaitu Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang (UU Ormas) memberikan pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum terhadap organisasi masyarakat.

“Kami menilai Organisasi Kemasyarakatan yang selanjutnya disebut Ormas
adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh
masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi,
kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya
tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila,” ujarnya.

Menurut Jumai Potensi Ormas di kota semarang sangatlah besar dengan pertumbuhan Ormas yang sangat pesat dengan jumlah Ormas 387 tersebut menandakan bahwa keragaman dan keanekaragaman sangat terjalin di kota semarang.

Dari pertumbuhan yang sangat besar ini dapat dijadikan sebagai modal pembangunan di kota semarang.
Dengan tagline Gerak bersama membangun kota adalah hal sangat strategis, jika program pemerintah dapat disinergikan dengan Ormas yang ada di kota semarang,” Ujar Juma'i

"Ormas perlu diajak rembukan bagaimana menciptakan situasi kondusif serta menciptakan iklim yang sangat harmoni di kota semarang.
Semarang sebagai kota metropolitan dan kota yang sangat harmoni ini memberikan ruang kepada komunitas-komunitas Berkiprah dan berkontribusi untuk pembangunan di kota semarang.

Komunitas masyarakat berbasis majelis atau lembaga islam diwadahi Majelis Ulama Indonesia (MUI), komunitas berbasis majelis - majelis agama diwadahi Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB), Komunitas berbasis Ormas / LSM diwadahi Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu ( FKSB) , Komunitas berbasis etnis, Ras dan suku diwadahi Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK) ,Komunitas berbasis ketakmiran Masjid diwadahi Dewan Masjid Indonesia ( DMI) dan masih banyak Forum Forum atau lembaga di kota semarang.

Potensi besar ini jangan disiasiakan bahkan hanya sekedar menjadi mitra ceremony belaka. Maka pemerintah di kota semarang ini sudah semestinya memberikan suport yang lebih kepada Ormas dan komunitas di kota semarang ini,” tegas Juma'i.

Kebersamaan Ormas yang telah dibangun antara lain, Ormas award, Ormas expo, kemah pembauran Ormas, Penguatan ekonomi berbasis Ormas, penguatan kapasitas Ormas, festival budaya antar Ormas dan lainnya.
Bahkan pemerintah kota semarang kata Jumai, telah mendapatkan predikat Pembina Ormas terbaik tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri.

"Maka dengan adanya Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu ( FKSB) tentunya pemerintah kota semarang akan terbantu, karena keberadaan Ormas di kota semarang mengisi ruang-ruang di mana pemerintah kurang bisa menjangkaunya.
Bahkan ormas di kota semarang ini bukan sebagai oposisi pemerintah, bukan sebagai koalisinya pemerintah tetapi Ormas adalah sebagai Mitra aktif dan produktif pemerintah,” pungkas Juma'i. 19-08-2023(Hadi-Endang).
Komentar

Tampilkan

  • AM Juma’i Ketua FKSB Minta Pemerintah Kota Semarang Lebih Peduli Terhadap Ormas
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x