-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Lestarikan Budaya, Masyarakat Kebonsari Wetan Gelar “Ketan Berkreasi”

Sunday, July 23, 2023, 5:07:00 PM WIB Last Updated 2023-07-23T10:07:25Z
AESENNEWS Probolinggo - Masyarakat Kebonsari Wetan kini memilki festival sendiri. Namanya Ketan Berkreasi, akronim dari Kebonsari Wetan Beragam Kreativitas dan Atraksi. Event yang dilaksanakan pada Minggu  (23/7), pagi itu digelar di sepanjang Jl. KH. Hasan Gang Bayusari 8 Kebonsari Wetan. Kemeriahan acara semakin bertambah kala orang nomor 1 di Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin turut berjalan dalam pawai. 

Wali Kota Probolinggo mengungkapkan pagelaran seni budaya yang digelar Kelurahan Kebonsari Wetan dan Pokmas Pancasona ini dapat menjadi ajang promosi potensi daerah. Sekaligus untuk menggairahkan pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar.
"Ini adalah kegiatan yang positif, selain menggerakkan ekonomi tentunya melestarikan seni budaya di wilayah kita. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Probolinggo sangat beraneka ragam. Keanekaragaman suku, budaya dan agama bukan menjadi ancaman, tapi justru menjadi kekuatan untuk Kota Probolinggo," ujarnya.

Di tahun ini, beberapa event menarik lainnya akan dilaksanakan di Kota Probolinggo, yaitu : Cokro Fair, Hadi Pro (Hari Jadi Kota Probolinggo), Hari Santri, dan Refleksi Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo yang akan dilaksanakan di Bulan Desember di Alun-alun Kota Probolinggo. 

Sementara itu, Camat Kanigaran Kota Probolinggo Agus Rianto menyampaikan hal senada bahwa pagelaran seni dan budaya seperti ini akan terus dikelola dan dikembangkan untuk melestarikan seni dan budaya lokal di kelurahan masing-masing. "Antusiasme masyarakat sangat luar biasa, apalagi pada saat pandemi kegiatan seperti ini sempat vakum, pada kesempatan ini masyarakat bisa menyaksikan beragam kreatifitas dan atrakasi pertunjukan seni dan budaya Kelurahan Kebonsari Wetan. Tidak hanya soal pagelaran, tapi juga dapat mengangkat perokonomian masyarakat dan wisata," ujarnya. 

Ketua Pokmas Pancasona Kel. Kebonsari Wetan Zainal Syarifudin yang berkesempatan sebagai pelaksana kegiatan mengungkapkan setidaknya ada 30 UMKM yang terlibat. Ada UMKM makanan dan minuman dan industri kreatif produk kerajinan tangan berupa tempat sampah, celengan, dan aneka dompet yang berasal dari bahan baku bekas. "Kurang lebih ada 30 UMKM makanan dan minuman, kerajinan tangan, dan seni rupa. Harapannya, kegiatan seperti ini akan bisa kita laksanakan setiap tahun  untuk mengangkat kreasi dan potensi UMKM di kelurahan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, salah satu peserta stand UMKM RT 6 RW 2 Kebonsari Wetan, Octa  mengungkapkan rasa senangnya. Karena menurutnya pagelaran seni dan budaya seperti ini akan membawa dampak baik pada masyarakat sekitar. "Semoga kegiatan seperti bisa lebih besar lagi agar bisa menunjukkan kreasi dan potensi masyarakat," tandasnya.
(Bay*****)
Komentar

Tampilkan

  • Lestarikan Budaya, Masyarakat Kebonsari Wetan Gelar “Ketan Berkreasi”
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x