-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Polresta Probolinggo Launching Polisi RW

Friday, May 19, 2023, 11:42:00 AM WIB Last Updated 2023-05-19T04:43:08Z
ASENNEWS Probolinggo - Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa'bani SH, S.I.K meluncurkan program Nasional di wilayah Kota Probolinggo dengan menggelar apel di halaman Walikota Probolinggo, Jum'at (19/05/2023).

Ini merupakan program nasional, upaya untuk bisa menemukan permasalahan masyarakat sedini mungkin kemudian bisa langsung menyelesaikan secepat mungkin. Dengan adanya polisi RW ini bagi semua RW yang ada di wilayah administratif Kota Probolinggo, satu polisi satu RW. Kemudian ada juga di wilayah Hukum Polres Kota Probolinggo ada wilayah Hukum dan  administratif dari Kabupaten Probolinggo 3 Kecamatan sama juga diisi dengan polisi RW,  satu RW satu polisi kita berlakukan. 
Acara dihadiri oleh Walikota Probolinggo, anggota Forum Pimpinan Daerah Kota Probolinggo, PLT Bupati Kabupaten Probolinggo, OPD (Organisasi Pemerintah Daerah), Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua RW Kota Probolinggo maupun sewilayah administratif Kabupaten Probolinggo di tiga kecamatan Sumberasih, Tongas dan Wonomerto serta seluruh rekan - rekan peserta apel Polisi RW.

Penjelesan Kapolres Wadi Sa'bani, menyampaikan Tugas Polisi RW ada 2 yaitu Deteksi dini mengindentifikasi permasalahan masyarakat dan memecahkan permasalahan tersebut. Ini tentunya berfungsi dan berguna untuk menimalisir terjadinya atau bertambahnya gangguan KAMTIBMAS yang ada.
"Polisi RW ini membantu tugas KAMTIBMAS secara struktural sudah ada sebelumnya satu kelurahan satu desa sudah ada KAMTIBMAS  ditambah dan diperkuat tingkat RW ini, ada polisi RW sehingga memperkuat, mengkoordinir kegiatan tersebut oleh KAMTIBMAS akan lebih kuat dan akan lebih banyak di wilayah masyarakat kehadiran polisi di tengah - tengah masyarakat." Ujarnya

Tambahnya lagi, "Seandainya ada kejadian yang tidak diinginkan seperti mencuri, merampok dan sebagainya nanti pelaporan bisa melalui saluran secara resmi bisa ke Polsek, bisa ke Polres, bisa minta tolong KAMTIBMAS, bisa ke aplikasi Meteor yang sudah lauching kemarin, bisa by phone secara konsleter atau aplikasi Mangis sehingga semua ruang komunikasi dibuka intinya baik melalui alat maupun secara langsung. Imbuhnya lagi, Harapannya dengan adanya Polisi RW menambah ruang interaksi kepolisian dengan masyarakat, tidak ada lagi skak-skak sehingga lebih mempermudah masyarakat mengakses polisi, lebih mempermudah masyarakat itu ketika ada permasalahan dibantu dengan anggota polisi melalui Polisi RW. Fungsi KAMTIBMAS sendiri itu Keamanan, Ketertiban Masyarakat kondisi situasi aman tertib di masyarakat", Pungkasnya

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Hadi Zainal Abidin, S.Pd,MM,M.HP selaku Walikota Probolinggo menyampaikan, Saya berharap kehadiran Polisi di tiap-tiap RW bisa membangun interaksi positif dengan masyarakat, merangkul komunitas yang lebih kecil dan mendengarkan persoalan yang terjadi dihadapi masyarakat, Polisi RW merupakan praktek nyata pencegahan dan penangulangan tindak pidana melalui pendekatan dengan masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya personil membuka kesempatan untuk  bekerja dan bersama-sama  komunitas lebih kecil sampai tingkat  RW.

Senada juga disampaikan Anam RW 3, Dengan adanya polisi RW, Saya mendukung kegiatan ini karena mempersempit ruang gerak kejahatan, harapan saya kedepannya warga terutama di RW ini akan lebih baik keamanannya
(Bay*****)
Komentar

Tampilkan

  • Polresta Probolinggo Launching Polisi RW
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x