-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Kemukakan pendapat Anda dengan mendasarkan pada teori yang terdapat di dalam BMP, serta kaitkan dengan data yang ada di masyarakat. Tuliskan juga referensi yang Anda gunakan.

AESENNEWS.COM
Sunday, May 14, 2023, 8:56:00 PM WIB Last Updated 2023-05-14T13:56:42Z
AESENNEWS.COM, NASIONAL - Untuk meningkatkan internalisasi Pancasila sebagai Identitas Nasional Indonesia, diperlukan strategi yang terintegrasi dan holistik. Beberapa strategi yang dapat dijalankan antara lain:

1. Pendidikan Pancasila: Meningkatkan pendidikan dan pengajaran tentang nilai-nilai Pancasila pada semua tingkat pendidikan, baik formal maupun informal. Hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum, pelatihan guru, kegiatan ekstrakurikuler, serta kampanye sosialisasi dan advokasi.

2. Pelibatan masyarakat: Melibatkan masyarakat dalam proses pengembangan, promosi, dan implementasi nilai-nilai Pancasila, baik melalui partisipasi dalam kegiatan sosial, keagamaan, dan kebudayaan, maupun melalui kerja sama dengan organisasi masyarakat sipil dan lembaga sosial.

3. Pengawasan dan penegakan hukum: Memperkuat pengawasan dan penegakan hukum terhadap tindakan dan perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, seperti korupsi, intoleransi, kekerasan, dan diskriminasi.

4. Pengembangan budaya: Memperkuat pengembangan budaya yang menghargai keberagaman, kesetaraan, dan keterbukaan, baik melalui seni, sastra, media, maupun kegiatan budaya lainnya.

Referensi:
- BMP MKDU 4111
- Susanto, A. (2019). The Challenge of Pancasila as the National Identity of Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 83-106.
- Yusuf, M. (2019). The Implementation of Pancasila as a National Identity in Indonesia: Challenges and Solutions. International Journal of Social Science and Economic Research, 4(7), 5041-5049.
Komentar

Tampilkan

  • Kemukakan pendapat Anda dengan mendasarkan pada teori yang terdapat di dalam BMP, serta kaitkan dengan data yang ada di masyarakat. Tuliskan juga referensi yang Anda gunakan.
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x