-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Berdasarkan Klasifikasi Negara oleh Sinha, berikan contoh masing-masing 2 Negara di dunia yang dapat dimasukkan sebagai kategori negara:a. Demokratis Republik Kesatuan b. Demokratis Republik Federal c. Demokratis Kerajaan Terbatas Federald. Anti Demokratis Republik e. Anti Demokratis Kerajaan Kesatuan

AESENNEWS.COM
Sunday, May 14, 2023, 9:04:00 PM WIB Last Updated 2023-05-14T14:04:05Z

AESENNEWS.COM, Klasifikasi negara yang diajukan oleh Leacock mendapat kritik dari H.N. Sinha. Dikatakan oleh Sinha dalam bukunya yang berjudul Outlines of Political Science bahwa klasifikasi dari Leacock kurang sempurna. Kurang sempurnanya klasifikasi negara tersebut karena Leacock tidak memasukkan bentuk negara totalier ataupun otoriter ke dalam klasifikasi negara. Sekalipun demikian, setelah klasifikasi Leacock diperbaiki masih juga belum sempurna. Hal ini karena belum ditempatkannya negara-negara demokrasi modern ataupun demokrasi kuno. Maka setelah itu, Sinha menyempurnakan klasifikasi Leacock dengan bentuk-bentuk totalier atau otoriter dan yang bersifat anti demokrasi (Soehino 1980: 222-223).

1. Demokratis Republik Kesatuan
Negara kesatuan merupakan salah satu dari 3 (tiga) bentuk-bentuk negaraselain negara federasi dan negara konfederasi. Negara kesatuan merupakan sebuah negara dimana pemerintahannya terpusat sehingga pemerintahnya memiliki kekuasaaan penuh terhadap suatu negara. Dengan kata lain pemerintah memiliki kedudukan tertinggi di dalam pemerintahan yang mana pemerintah pusat memiliki wewenang untuk melimpahkan sebagian wewenang atau tugasnya kepada pemerintah daerah. Contohnya :Timor Leste
Salah satu negara yang berbentuk negara kesatuan adalah negara Timor Leste. Bentuk negara Indonesiayang berupa negara kesatuan juga turut andil dalam mempengaruhi bentuk negara Timor Leste. Hal ini dikarenakan pada mulanya Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan nama Timur Timur, kemudian provinsi tersebut melepaskan diri dari Indonesia dan membentuk pemerintahan sendiri. Negara yang beribu kota di Dili ini memiliki sistem pemerintahan Repulik Semi-Presidensial yang mana dikepalai oleh seorang presiden dan seorang perdana menteri.

Selain itu, Vietnam - Vietnam adalah negara yang dijajah prancis yang merdeka pada tahun 2 september 1945 menganut asas demokrasi dan sosialisme. Kepala negara dipimpin dan diotorisasi oleh presiden dan kepala pemerintahannya adalah menteri. Semua bagian dari pemerintahkan secara besar dan legalnya dikontrol oleh sebuah partai komunis.

2. Demokratis Republik Federal
Kedaulatan di negara serikat atau federal berasal dari negara bagian. Di mana sebagian kedaulatan tersebut diserahkan kepada negara federal. Sehingga pada hakikatnya kedaulatan berada pada negara bagian.
Ciri-ciri negara serikat, yakni:
a.Mempunyai lebih dari satu kepala negara
b.Memiliki lebih dari satu konstitusi
c.Memiliki lebih dari satu kabinet
d.Memiliki lebih dari satu lembaga perwakilan.
Contoh negara yang berbentuk serikat seperti Amerika Serikat, India, dan Jerman

3. Demokratis Kerajaan terbatas Federal
Monarki berasal dari kata ‘monarch’ yang berarti raja, yaitu jenis kekuasaan politik di mana raja atau ratu sebagai pemegang kekuasaan dominan negara (kerajaan). Para pendukung monarki biasanya mengajukan pendapat bahwa jenis kekuasaan yang dipegang oleh satu tangan ini lebih efektif untuk menciptakan suatu stabiltas atau konsensus di dalam proses pembuatan kebijakan. Perdebatan yang bertele-tele, pendapat yang beragam, atau persaingan antarkelompok menjadi relatif terkurangi oleh sebab cuma ada satu kekuasaan yang dominan. Negara-negara yang menerapkan jenis kekuasaan monarki hingga saat ini adalah Inggris, Swedia,Denmark, Belanda, Norwegia, Belgia, Luxemburg, Jepang, Muangthai, dan Spanyol

4. Anti Demokratis Republik
Anti demokratis republik berpaham komunis, yang mana kekuasaan dipegang oleh satu anggota garis keturunan . Contoh negara anti demokratis republic yaitu,
-Korea Utara
Korea Utara adalah Republik Demokratik dan Majelis Tertinggi Rakyat (SPA) dan Majelis Provinsi Rakyat (PPA) dipilih dengan pemilihan umum langsung dan secara rahasia. Hak pilih dijamin kepada semua warga negara berusia 17 tahun dan lebih.
-China
Republik Rakyat China (RRC) merupakan negra sosialis dengan masyarakat yang demokratis. Pada dasarnya China menganut sistem sosialis dimana semua kekuasaan ditangan Rakyat China. Bentuk negara China adalah kesatuan dengan sistem pemerintahan presidensial dan bentuk pemerintahan komunis. Pembagian wilayah administratif China meliputi Provinsi, Daerah Otonomi, dan Kota Madya. China juga dikatakan sebagai negara dengan bentuk pemerintahan yang sosialis dan otokratis.

5. Anti Demokratis Kerajaan Kesatuan
Menurut analisis saya, banyak yang berpendapat negara republik adalah lebih demokratik dari negara monarki. Namun itu semuanya sebenarnya bergantung kepada siapa yang memegang kuasa eksekutif. Pada hampir setengah negara-negara monarki, raja hanyalah sekedar lambang kedaulatan negara, dan perdana menteri lebih berkuasa dari raja. Monarki biasanya bertakhta seumur hidup dan kuasanya akan diberi kepada saudaraatau anak, atau dipilih mengikut peraturan yang ditetapkan. Banyak negara monarki adalah demokratik.Dari segi mana yang lebih demokratik, memang tak ada perbedaan yang jelas antara republik dan monarki.Di negara monarki, sering Perdana Menteri mempunyai kuasa eksekutif lebih besar dibanding rajanya, yang berkuasa dari segi adat istiadat saja. Dan ada juga kasus di beberapa republik dimana Presidennya memerintah secara totaliter. Misalnya, negara di bawah pimpinan Bokassa di Republik Afrika Tengah.Walau begitu, biasanya republik sering disamakan dengan demokrasi. Amerika Serikat misalnya dianggap sebagai simbol demokrasi. Contoh negara anti demokratis kerajaan kesatuan yaitu
-Brunei darusalam
Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil dan independen dengan pemerintahan kesultanan di Asia Tenggara. Semenjak memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1984, kesultanan Brunei telah berhasil mengukuhkan kekuasaannya dan sekarang telah memiliki kontrol yang tak tersaingi atas negara. Sultan Brunei (Yang Dipertuan Negara) merupakan bagian dari garis keturunan sultan yang telah memerintah secara terus-menerus selama 600 tahun.
-Oman
sistem Pemerintahan yang dianut oleh Oman adalah sistem pemerintahan Monarki Absolut yaitu sistem pemerintahan yang kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Sultan.
Indonesia termasuk kategori negara Demokratis Republik Kesatuan, karena Indonesia merupakan negara dengan bentuk pemerintahan republik sejak merdeka menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945. Bentuk pemerintahan republik ini berdasarkan konstitusi yang sah, yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945). Pimpinan tertinggi adalah presiden. Saat ini, pemilihan presiden dilakukan melalui penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) sesuai azas demokrasi. Indonesia sudah memiliki tujuh presiden sejak merdeka dan berbentuk republik. Sebelum merdeka dan memiliki pemerintahan republik, ada banyak kerajaan di Indonesia, seperti kerajaan bercorak Budha, Hindu, sampai Islam.Namun, tidak ada satu kerajaan yang benar-benar menguasai Indonesia secara menyeluruh dan satu kesatuan, masing-masing memiliki wilayah kekuasaan sendiri.
Komentar

Tampilkan

  • Berdasarkan Klasifikasi Negara oleh Sinha, berikan contoh masing-masing 2 Negara di dunia yang dapat dimasukkan sebagai kategori negara:a. Demokratis Republik Kesatuan b. Demokratis Republik Federal c. Demokratis Kerajaan Terbatas Federald. Anti Demokratis Republik e. Anti Demokratis Kerajaan Kesatuan
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x