-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Pasca Operasi Pemisahan Di RSUD Abdul Moeloek, Bayi Kembar Siam Asal Lampung Utara Dipulangkan

Aesennews Lampung
Thursday, April 13, 2023, 2:45:00 PM WIB Last Updated 2023-04-13T07:47:37Z

Aesennews.com, Lampung - Pasca menjalani operasi pemisahan pada, Rabu (15/3/2023) lalu di RSUD Abdul Moeloek, bayi kembar siam bernama Afifah dan Aliyah warga Desa Karang Sari, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara, akhirnya diperbolehkan pulang.


Pelepasan kepulangan bayi kembar siam pasangan dari Mutiani (33) dan Muslim (33) tersebut dilakukan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, yang berlangsung di gedung pelayanan eksekutif RSUD Abdul Moeloek, Kamis (13/4/2023) pagi.


Dalam sambutannya Gubernur Arinal mengatakan, jika dirinya memberikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan baik dari RSUD Abdul Moeloek maupun tim pendamping dari RSUD dr. Soetomo yang telah berhasil melakukan operasi pemisahan tersebut.


"Kepada orang tua bayi alhamdulillah anaknya telah berhasil di operasi dengan selamat. Ini merupakan perjuangan pemerintah untuk menyelamatkan anak-anak ibu dan bapak dengan maksimal. Jadi tolong dijaga untuk tumbuh kembangnya," ucapnya.


Pada kesempatan tersebut arinal juga meminta kepada pemerintah Kabupaten Lampung Utara untuk ikut memberikan kontrol pasca operasi, sehingga kedua bayi tersebut benar-benar sehat hingga nanti beranjak tumbuh dewasa.


"Jangan dianggap ini sudah selesai tapi harus ada kontrol supaya tidak terulang lagi maka harus ada sosialisasi, penyuluhan juga edaran tentang cara menghindari agar bayi tidak kembar siam terlepas itu kembali lagi kuasa Allah," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Abdul Moeloek Lukman Pura mengatakan, kedua bayi kembar siam tersebut telah menjalani perawatan lebih dari satu tahun dan setelah semua dinyatakan siap tim dokter langsung melakukan operasi pemisahan.


"Pada tanggal 15 Maret 2023 sekitar pukul 7 pagi, pasien sudah memasuki ruang operasi, Persiapan pemisahan dilakukan hampir 3 sampai 4 jam. Alhamdulillah tidak ada kesulitan dan yang cukup membanggakan bahwa ini dikerjakan oleh anak-anak bangsa dari Lampung," jelasnya.


Lukman menjelaskan jika operasi pemisahan dapat diselesaikan sekitar 6 jam. Hal tersebut jauh lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan sebelumnya yang diprediksi bisa memakan waktu hingga 12 jam lamanya.


"Untuk selanjutnya pemantauan kita serahkan kepada wilayah dalam hal ini Pemda Lampung Utara karena bebannya sudah mulai turun. Tetapi untuk tumbuh kembangnya masih jadi perhatian RSUD Abdul Moeloek," katanya (Putra/Lampung).

Komentar

Tampilkan

  • Pasca Operasi Pemisahan Di RSUD Abdul Moeloek, Bayi Kembar Siam Asal Lampung Utara Dipulangkan
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x