-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Diduga Terjadi Indikasi Korupsi Kolusi Nepotisme Berupa Ijon Proyek Di Kemenag Lampung

Aesennews Lampung
Wednesday, March 29, 2023, 12:06:00 PM WIB Last Updated 2023-03-29T05:28:03Z

Aesennews.com, Lampung - Diduga terjadi indikasi korupsi kolusi nepotisme (KKN) berupa Ijon Proyek sebesar 15 sampai 20 Persen di Kantor Wilayah Kemenag Lampung. Dugaan tersebut disampaikan oleh pihak rekanan yang diduga turut mengerjakan proyek di instansi tersebut kepada tim wartawan media ini Selasa (31/1/23).

Namun, dirinya meminta agar namanya tidak untuk dipublikasikan. “Sudah rahasia umum itu mah bro. Ya kalau mau kerja harus siap aturan maen dong,” ujar sumber tersebut.


Selanjutnya, narasumber membeberkan terkait dugaan ijon proyek di Kemenag Lampung disetorkan kepada oknum pegawai yang juga sebagai pejabat diinstansi tersebut berinisial YM.


Lanjut narasumber, YM merupakan oknum pejabat Kemenag yang diduga telah mengatur beberapa kegiatan pengadaan barang dan jasa di Kemenag Lampung. “Kalau kemenag Lampung ya itu, setornya sama YM,” pungkasnya seraya mewanti – wanti agar namanya tidak dipublikasikan.


Sementara ini, ketua DPP LSM GAMAPELA Toni bakrie segera membentuk dan menurunkan tim investigasi untuk menyelidiki dugaan setoran atau ijon proyek di Kemenag Lampung tersebut. “Secepatnya kita akan bentuk tim investigasi khusus untuk menyelidiki itu. Kalau memang puldata pulbaket sudah A1. Kami yang akan turun langsung melaporkan itu ke aparat penegak hukum,” ucap Toni Selasa (28/3/23) kepada awak media.


Ketua DPP LSM Gamapela Toni Bakrie mengatakan, "pengaduan ini sudah pernah saya kirimkan ke nomor layanan hot line Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bahkan saat ini para pelaku yang diduga melakukan pengkondisian semakin merasa nyaman, karena semua yang telah mereka kerjakan berhasil dan aman dalam proses pengadaan belanja modal SBSN 2022. Bahkan tahun 2023 ini mereka semakin menjadi - jadi, semua kegiatan pengadaan barang dan jasa semua di atur oleh kroni Kakanwil kemenag Lampung yang bernama Darsono, adi sebagai koordinator dalam pengondisian secara masiv dan terstruktur".


Dirinya menambahkan, dalam proses tender banyak penyedia yang digugurkan dengan alasan yang tidak masuk akal dan nalar, bahkan cenderung memaksakan agar rekanan yang direkomendasikan untuk menjadi pemenang pembangunan proyek APBN dan SBSN, dan memposisikan beberapa konsultan perencana untuk mengendalikan/mengondisikan titik yang akan mereka menangkan dalam proses tender LPSE. Bahkan Kakanwil telah mengondisikan seluruh belanja e-catalog kebeberapa perusahaan koleganya yang bisa memberikan setoran ke Kakanwil kemenag Lampung atas pengondisian yang sukses, bisa dibuktikan dengan perusahan penyedia mengupload dan langsung memberikan link untuk order barang yang dieksekusi (AJ) untuk membelanjakan seluruh kebutuhan di perusahaan sdr.adi, dengan harga tinggi yang sudah di Mark Up," terang toni.


"Belanja modal APBN dan SBSN diserahkan kepada sdr.Darsono, A.J (ADC Kakanwil),YM (JFT Barang Jasa) kolega dan bawahan kakanwil untuk mengatur semua  belanja modal yang ada dikemenag Kab/Kota ,krn darsono sudah lihai dan terbukti berhasil mengumpulkan pundi-pundi di tahun 2022, beber toni kepada wartawan.


Dugaan orang dekat kankanwil semua sudah semakin merasa kuat dan terlindungi praktek kolusinya mulai dari Kabag Tata Usaha, Kabid-kabid dibawahnya melaksnakan praktek kolusinya, bahkan belanja e-catalog yang sudah di kondisikan oleh salah satu rekanan penyedia agar praktek penyelewengan anggaran semakin aman dan terkendali didalam instansi dikondisikan sdr Yan Mardona dan A.J sebagai pelancar kegiatan dari semua kegiatan pengadaan dikanwil kemenag Lampung,bahkan ada kader - kader NU provinsi Lampung yang ikut dalam praktek kolusi mendukung Kakanwil yang akan maju mencalonkan diri menjadi ketua umum NU Lampung direncanakan akan dilaksanakan pada bln maret. Semua pejabat eselon lll dipaksakan untuk memberikan bantuannya untuk mengondisikan kiyai didaerah kab/kota masing-masing, ini saya tambahkan nama kroni Kakanwil dalam memuluskan korupsi di lingkungan kanwil kemenag provinsi Lampung, terang Toni kepada wartawan Selasa (28/3/23).


Mohon kiranya pihak KPK dapat menelusuri praktek yang sangat meresahkan, kolusi pada kanwil kementerian Agama. Ditambah lagi kegiatan siiplah (belanja kebutuhan madrah) dikondisikan oleh kabid madrasah rifai melalui kroninya yang bernama Yusron infonya yusron inilah yang mengondisikan semua belanja modal di kanwil dan setoran Milyaran kepada kabid dan kanwil kemenag, tutup ketua DPP LSM Gamapela Toni bakrie (Tim Lampung).

Komentar

Tampilkan

  • Diduga Terjadi Indikasi Korupsi Kolusi Nepotisme Berupa Ijon Proyek Di Kemenag Lampung
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x