-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Diduga Paket Alkes Pesanan Dinkes Dairi Diduga Tidak Lengkap, Kadis Sebut Tidak Ada Penyelewengan

Aesennews Lampung
Sunday, October 30, 2022, 11:01:00 AM WIB Last Updated 2022-10-30T04:01:34Z

Aesennews.com, Sumatera Utara - Diduga Paket Pesanan Pengadaan Alat Kesehatan (ALKES) Dinas Kesehatan Dairi yang diperuntukan dalam Mengatasi Stunting Tahun Anggaran 2022 diduga tidak lengkap.


Hal itu berdasarkan hasil konfirmasi Wartawan beberapa waktu lalu dengan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Dairi diruang kerjanya.


Dari penjelasan Kabid Kesmas Imelda Purba SKM M.KM,kepada Wartawan,bahwa Pihaknya telah membelanjakan Pengadaan Alkes Dinas Kesehatan Dari Tahun Anggaran 2022 dengan Pagu sebesar Rp 1,7 Milyar.


Imelda Purba yang mengaku sebagai PPK,menangani langsung Pengadaan Alkes tersebut.Diakuinya dia belanja dari PT.Mandiri Jaya Medika, yang beralamat Di Jakarta.


Menurutnya ada 171 Paket yang di belanjakan,menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,7 Milyar namun belum di lakukan Pembayaran.Dikatakan Imelda setiap paketnya berisikan 5 alat Kesehatan berupa Alat untuk program penurunan Stunting dengan Harga beli per paketnya Rp 8 juta .


Di sebut Imelda ada 5 macam alat Kesehatan di daalam 1 paket, Diantaranya 1.Alat Ukur Berat Badan Injak Digital /Scale Tive MJW-01A, 2.Alat Ukur Tinggi Badan Stadiometer Tive MJT 01A,3.Alat Ukur Berat Badan Bayi / Baby Scale Tive MJW-02B ,4.Alat Ukur Lingkar  Lengan Atas dan Kepala/ Lila Tive MJA -01,5.Alat Ukur  Panjang Badan /Infantometer Tive – 01B.


Berdasarkan keterangan Kabid Kesmas, Wartawanpun mempertanyakan keberadaan Tas KIT yang seharusnya ikut serta  dalam 1 Paket yang di pesan.Hal tersebut didasari dari Link PT.Mandiri Jaya Media,yang memberikan keterangan di e-Katalok milik perusahaanya.


Pada Link e - Katalok PT Mandiri Jaya Medika terdapat 2 kategori paketan MJM Antrhopometry Kits.Didalam satu paketnya  terdiri dari 6 item dengan Harga Rp 11.500.000, dan Rp 8.000.000, termasuk salah satunya Tas Kit seharga Rp.500 ribu.


Ketika hal keberadaan tas Kit tersebut di pertanyakan, Imelda hanya menjawab kalau pihaknya hanya memesan 5 alat saja ,tidak ikut Tas kit yang di Maksud.


” Ia bang kami hanya memesan 5 alat kesehatan saja ,Tas kitnya tidak ikut,harganya 8 juta bang lima paket kali 171 paket ,” jawab Imelda kepada Wartawan saat itu.


Anehnya, di e – Katalog PT.Mandiri Jaya Medika di sebut  1 paket berisi 6 Alat MJM Antrhopometry Kits harganya di bandrol sebesar Rp 8 juta.dengan Perincian 1.Tas Antrometri Kit Rp 500 ribu, 2.Timbangan Berat Badan Rp 1 juta,3.Timbangan Bayi Rp.4,5 juta,4.Alat Ukur Tinggi Badan Rp.3.5 juta,5.Alat Ukur Panjang Badan Rp.1,750 juta, dan Alat ukur lengan atas Rp.250 ribu.Namun di jelaskan Kabid Kesmas kalau  harga beli 5 paket MJM Antrhopometry Kits sama Nilainya   dengan 6 paket yang terdapat di e- Katalog PT.Mandiri Jaya Medika,meski Tas Kit tidak ikut serta di dalam Pesanan.


Seperti diberitakan media IGNews dan beberapa media  sebelumya,bahwa ada penimbunan Alkes di rumah salah satu pegawai Dinkes Dairi di Jalan Air Bersih Kecamatan Sidikalang,berita tersebut telah di klarifikasi oleh  Kepala Dinas Kesehatan Dairi Dr Hendri Manik, melalui Portal Pemerintahan Kabupaten Dairi , Sabtu 29/10/2022.


Dalam berita klarifikasi tersebut,Kepala Dinas Kesehatan Dairi mengatakan,” Dipastikan Tidak Ada Penyelewengan Pada Pengadaan Alkes Di Dairi,Dan Sudah Di Bagikan Ke Puskesmas Semua”,.Sebab Alkes di simpan di rumah salah seorang Pegawai,dikarenakan gudang Dinas Kesehatan dalam keadaan  Penuh, jelasnya.

Komentar

Tampilkan

  • Diduga Paket Alkes Pesanan Dinkes Dairi Diduga Tidak Lengkap, Kadis Sebut Tidak Ada Penyelewengan
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x