-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Keren!! Program Ketahanan Pangan Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Serahkan Dua Ekor Ternak Sapi Betina Kepada Kelompok Masyarakat

Aesennews Lampung
Thursday, October 20, 2022, 5:05:00 PM WIB Last Updated 2022-10-21T03:32:25Z

 

Aesennews.com, Lampung - Prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2022 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah termasuk dalam kategori priotitas yang diarahkan bagian program prioritas nasional sesuai Kewenangan Desa dalam rangka untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan.


Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan, Dana Desa penggunaannya antara lain untuk program ketahanan pangan dan hewani, paling sedikit 20 persen. Ketahanan pangan itu dapat diartikan tersedianya pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan. Maka dalam konteks penggunaan Dana Desa bisa dimaksimalkan untuk pemanfaatan dan tersedianya pangan seperti yang dilakukan desa fajar baru kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.


Kepala Desa Fajar Baru M.Agus Budiantoro,S.HI menyerahkan Program Ketahanan Pangan berupa dua ekor sapi kepada kelompok masyarakat yang diharapkan kelompok ini dapat berkesinambungan. Dengan harapan ternak sapi dapat berkembang biak dan secara bertahap dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli ternak sapi dapat memelihara induk sapi dan memperbaiki perekonomian masyarakat secara berkala, jelas Budi sapaan akrab kepala desa fajar baru.


Budi menambahkan, "Adapun kegiatan lain dari program ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa di desa fajar baru melakukan peningkatan jalan tani sepanjang 321 Meter dengan lebar 3 Meter".


Sekretaris desa fajar baru solichen mengatakan, kegiatan ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa hari ini adalah penyerahan dua ekor ternak sapi betina kepada kelompok masyarakat. Sebelumnya, sudah dilakukan untuk beberapa program yang sudah direalisasikan seperti tanaman hidroponik, anak-anak stunting, TMT untuk balita/ibu hamil, dan ada juga bibit alpukat, jelas sekdes kepada wartawan media ini Kamis, 20/10/2022 siang.


Seorang warga bernama agus yang merupakan salah satu kelompok masyarakat penerima bantuan ternak sapi betina mengatakan, sangat senang dengan program ini dan berharap kedepannya sapi-sapi ini dapat berkembang biak dengan cepat agar dapat dirasakan masyarakat lain didesa fajar baru (Putra).

Komentar

Tampilkan

  • Keren!! Program Ketahanan Pangan Desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Serahkan Dua Ekor Ternak Sapi Betina Kepada Kelompok Masyarakat
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x