-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Pelantikan dan Pembekalan DPD (MUKI) Majelis Umat Kristen Indonesia cabang Cirebon

AESENNEWS.COM
Friday, September 23, 2022, 6:44:00 PM WIB Last Updated 2022-09-23T11:44:02Z
AESENNEWS.COM, Cirebon - MUKI  atau Majelis Umat Kristen Indonesia yang berkantor di Jakarta sebagai Dewan Pimpinan Pusat (DPP), merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat (lsm) di bawah Kementerian Hukum dan HAM yang berasaskan Alkitab, Pancasila dan UUD 1945. Dalam Alkitab khususnya merujuk pada 2 Tim. 3:1-5 yang terdiri atas empat (4) K, yaitu Keadilan, Kebenaran, Kesetaraan dan Kasih.

Kemudian MUKI pun hadir di kota Cirebon dengan berstatus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) cabang Bandung. Adapun eksistensi dan legitimasinya terjadi bertepatan dengan acara deklarasi yang bertempat di hotel PIA, pada Selasa 13 September 2022 dari jam 08.00-15.00 WIB. "Total jumlah para undangan yang hadir sebanyak 50 orang, di antaranya sebagai wakil pemerintah adalah ketua dan anggota DPRD kota Cirebon dari partai Gerindra dan anggota Kepolisian Resort Kota (Polresta) Cirebon, sedangkan dari internal Kristen yang turut menghadiri deklarasi tersebut langsung para ketua PIKI, LPMI dan PGIS. 

Sementara itu dari DPD MUKI sendiri hadir seluruh pengurus dan anggota berjumlah 30 orang yang diketuai oleh Andri Waskito plus ketua MUKI Jawa Barat beserta jajarannya," demikian dikatakan oleh ketua bidang pengkaderan DPD MUKI kota Cirebon Yunus Noman (55) pada Kamis (22/9/2022). "Sebenarnya walikota Cirebon Nasrudin Azis juga diundang tetapi berhalangan hadir karena ada tugas ke Bandung," imbuhnya.
Lebih lanjut Yunus Noman menjelaskan bahwa yang melatarbelakangi MUKI hadir di Cirebon untuk membangun kerjasama dengan pemerintah dan pihak terkait demi kemaslahatan umat Kristen yang silit mendapatkan izin pendirian tempat ibadah. "Hal ini termasuk misi utama kami, di samping pendidikan. Dan mengingat eksistensi MUKI di kota Cirebon ini tergolong baru, maka dua point inilah yang menjadi fokus perhatian terlebih dahulu karena sifatnya krusial berdasarkan atas pengamatan kami di lapangan," ungkapnya.

Adapun pendidikan yang dimaksud oleh pengurus yang beridentitas lengkap Pdt. Yunus Noman, S. Th, M. Pd ini bahwa DPD MUKI kota Cirebon siap berperan aktif untuk menjadi mediator dan fasilitator antara guru-guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan sekolah-sekolah negeri/swasta umum di kota/kabupaten Cirebon. "Jika ada di antara sekolah-sekolah tersebut yang mempersulit seorang guru PAK untuk mengajar di situ padahal jumlah siswa Kristen sudah cukup memadai, maka pihak MUKI turun tangan membantu. Berkaitan dengan hal ini, MUKI optimis bisa tercapai mengingat dukungan semua pihak yang turut hadir pada acara deklarasi begitu responsif dan kooperatif," ujarnya penuh keyakinan. 

Meskipun MUKI adalah LSM Kristen yang dari ketua sampai anggota-anggotanya beragama Kristen, tetapi selalu mengedepankan independensi dan keterbukaan untuk bersinergi dengan berbagai pihak internal maupun eksternal. "Dan langkah awal untuk menuju ke arah itu sudah ditunjukkan di dalam acara deklarasi DPD MUKI kota Cirebon," pungkasnya kepada awak media Aesennews.com. (dvd) 
Komentar

Tampilkan

  • Pelantikan dan Pembekalan DPD (MUKI) Majelis Umat Kristen Indonesia cabang Cirebon
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x