-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Pemerintah Provinsi Lampung Akan Kembangkan Sorgum Untuk Bantu Ketahanan Pangan Nasional

Aesennews Lampung
Wednesday, August 17, 2022, 8:01:00 PM WIB Last Updated 2022-08-17T13:07:28Z

 

Pelaksana Tugas Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Lampung (Foto Doc.Humas Provinsi). 

Aesennews.com, Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung Bakal Kembangkan Sorgum sebagai salah satu bahan pangan untuk mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di tanah sai bumi ruwa jurai.


Prihal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Lampung, Kusnardi pada Rabu 17/8/2022.


Kusnadi mengatakan, "Benar, kita mulai kembangkan lah. Saat ini yang sudah ada di Lampung Selatan dan Lampung Utara," Ucap Kusnardi. Namun, sorgum memang belum banyak dikembangkan saat ini. Karena persoalan pasar yang belum maksimal.


Dalam proses pengolahan sorgum, harus menggunakan alat khusus yang digunakan untuk memecah butiran sorgum itu.  "Memang ini harus pakai alat khusus. Tapi sebenarnya ini banyak keunggulannya," Jelas kusnardi.


Keunggulan yang dimaksud dilihat dari segi tanaman, sorgum tidak terlalu sensitif. Bahkan bisa ditanam di lahan tandus. Selanjutnya, bibit mudah didapat. batangnya dari tanaman juga saat dipotong, bisa langsung ditanam lagi. Karenanya banyak keuntungan dari sorgum ini., terang kusnardi.


Dia menambahkan, sorgum ini juga bisa dimanfaatkan batangnya untuk gula. Sementara seratnya juga bisa digunakan untuk pakan ternak. Jadi seluruh bagian tanamannya bisa dimanfaatkan, terangnya.


Kusnardi melanjutkan, dalam kandungan sorgum juga bisa menggantikan fungsi tepung terigu. Bahkan bagus untuk penderita penyakit diabetes. Kandungan karbohidrat bagus dan glutennya rendah tapi  bahannya bisa jadi salah satu penyebab penyakit gula (diabetes), jelasnya.


Kini, Pemprov Lampung sendiri untuk luasan tanamnya masih cenderung sedikit untuk di Lampung. Namun sorgum bisa digunakan sebagai salah satu penguat ketahanan pangan Lampung.


Hal ini karena Sorgum masuk ke sumber karbohidrat, hanya saja kita harus mulai biasakan mengkonsumsi. Untuk saat ini memang produksi juga belum terlalu banyak karena pasarnya masih sempit tapi sebenernya potensial untuk dikembangkan beberapa sorgum batang bisa untuk gula, tutupnya.


(Putra-red) 

Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Provinsi Lampung Akan Kembangkan Sorgum Untuk Bantu Ketahanan Pangan Nasional
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x