-->

PJ Bupati Purwakarta

#'

no-style

Eks Jamaah Khilafatul Muslimin Tulangbawang Barat Melakukan Ikrar Setia Kepada NKRI Di Aula Ruang Vicon Polres Tubaba

Aesennews Lampung
Wednesday, August 17, 2022, 7:25:00 AM WIB Last Updated 2022-08-17T00:25:55Z

Aesennews.com, Lampung - Senin, 15/8/2022 Kapolres Tulang Bawang Barat dan Pemerintah Kabupaten setempat menggelar Silaturahmi Kebangsaan dan Ikrar Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Se-wilayah Tubaba di Aula Ruang Vicon Polres setempat.


Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri  PJ. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, SE.,M.Si.,Ketua DPRD Tuba Barat diwakili oleh Wakil Ketua I Busroni, SH., Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P. Silalahi, S.Ik.,MM., Dandim 0412 / LU di wakili oleh Kasdim 0412 / LU Mayor Inf A. Sunarya, S.Sos.


Selanjutnya, Kajari Tuba Barat diwakili oleh Kasi Intel Adia Rebi, SH., MH, Wakapolres Kompol Gusti Iwan Wijaya, SH.,M.Si, Sekdakab Tuba Barat Ir. Novriwan Jaya, SP, Asisten I Pemkab Tubaba Dra. Bayana, M.Si, Ketua FKUB (MUI) Kabupaten Tulang Bawang Barat KH. Muhyidin Pardi, S.Ag, Kaban Kesbangpol Marwasi, SE.,MM, Ka. Kemenag Kab. Tulang Bawang Barat H. M. Isa, S.Ag., M.Pd.I.


Pada sambutannya, Pj Bupati  Dr. Zaidirina, SE.,M.Si., mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjalin tali silaturahmi dalam mewujudkan Kabupaten Tubaba aman dan kondusif. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tubaba saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Polres Tubaba beserta jajaran atas terselenggaranya acara ini, karena saya menilai kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk menjalin tali silaturahmi dalam mewujudkan daerah yang aman dan kondusif," Ucapnya. 


Sementara itu, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, meminta kepada eks Jemaah Khilafatul Muslimin yang melakukan ikrar setia kepada NKRI untuk tidak hanya bersifat seremonial atau ucapan secara lisan semata. 


Gubernur Lampung berharap agar eks warga khilafatul muslimin mengucapkan ikrar dengan penuh kesadaran. Tanpa ada unsur paksaan dari siapapun. Jadikan momentum ini untuk ikrar dan kembali ke pangkuan NKRI," kata Arinal.


Menurutnya, dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara sedang menghadapi berbagai ancaman maupun gangguan baik di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. "Ini diakibatkan oleh dinamika kehidupan serta dampak dari era globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Informasi paham anti Pancasila ini muncul di tengah-tengah masyarakat dengan menebarkan narasi kebencian," Jelas Arinal. 


Arinal mengatakan, Pancasila bukan berarti menggantikan agama, namun Pancasila dibuat sesuai dengan nilai - nilai agama. Mengamalkan Pancasila dengan baik dan benar sama saja mengamalkan nilai agama.


Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Sunhot P. Silalahi, S.I.K, M.M mengatakan bahwa kegiatan digelar dengan melibatkan tujuh orang eks Khilafatul Muslimin yang telah menandatangani ikrar setia kepada NKRI yang sebelumnya menyampaikan secara lisan dengan serentak,  pencabutan bai'at penganut Khilafatul Muslimin (KM) dengan mengucapkan Ikrar Kebangsaan sebagai bukti bahwa telah kembali kepangkuan ibu pertiwi, mengakui dan setia kepada pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta sebagai tanda telah dibubarkanya aliran Khilafatul Muslimin.


"Kegiatan Silahturahmi Kebangsaan dan Ikrar Setia Kepada NKRI se-Wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2022 juga dilakukan melalui sarana zoom meeting yang berpusat di Gedung Pusiban Komplek Kantor Gubernur Lampung yang diikuti warga eks Khilafatul Muslimin yang berada di Provinsi Lampung," Ucapnya. 


Sejumlah para warga eks khilafatul muslimin membacakan ikrar yang berbunyi, "Bismillahirrahmanirrahim Pada Hari Ini Senin Tanggal 15 Bulan Agustus Tahun 2022, Saya Bersama Seluruh Jama’ah Khilafatul Muslimin Se-Kabupaten Tulang Bawang Barat Berikrar : Pertama, Mencabut Bai’at dari Pimpinan Khilafatul Muslimin. Kedua, Berjanji Setia Kepada Pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dan ketiga, Ikrar Ini diucapkan," terangnya.


(Putra-red) 

Komentar

Tampilkan

  • Eks Jamaah Khilafatul Muslimin Tulangbawang Barat Melakukan Ikrar Setia Kepada NKRI Di Aula Ruang Vicon Polres Tubaba
  • 0

Terkini

layang

.

social bar

social bar

Topik Populer

Iklan

Close x